Skip navigation

 

“Umatku akan menyerupai Bani Israil selangkah demi selangkah. Bahkan jika seseorang dari mereka menyetubuhi ibunya secara terang-terangan, seseorang dari umatku juga akan mengikutinya. Kaum Bani Israil terpecah menjadi 72 golongan. Umatku akan terpecah menjadi 73 golongan, seluruhnya akan masuk neraka, hanya satu yang masuk surga.” Kami (para shahabat) bertanya, “Yang mana yang selamat ?” Rosulullah SAW menjawab, “ Yang mengikutiku dan para shahabatku.” (HR.Tirmidzi, Hadits no.2565. Juga diriwayatkan dengan kalimat yang sama oleh Abu Salamah dan Abu Hurairoh dalam Kitab Al Fitan dari Sunan Ibnu Majah, hadits no.3981)


Dalam sharah Tirmidzi, Imam Ahwazi berkata :


Jawaban dari hadits ini yaitu hadits dari Abdullah bin Amru bahwa, ‘seluruh golongan itu masuk neraka dan satu yang masuk surga’ dan ini menjadi satu bukti dari Rosulullah SAW bahwa Beliau memberitahukan kita hal-hal yang ghaib. Dan golongan yang selamat itu adalah Ahlus Sunnah wal Jama’ah.’

 

Anas bin Malik meriwayatkan bahwa Rosulullah SAW bersabda :


“Orang-orang Bani Israil akan terpecah menjadi 71 golongan dan umatku akan terpecah ke dalam 73 golongan, seluruhnya akan masuk neraka, kecuali satu, yaitu Al-Jamaa’ah.” (HR. Sunan Ibnu Majah, Hadits no.3983, Kitab Al Fitan)

Dari hadits-hadits di atas, telah sangat jelas bahwa akan ada banyak golongan di kalangan kaum Muslimin yang didasarkan pada persoalan aqidah. Juga telah jelas bahwa umat Islam akan terbagi ke dalam 73 golongan dan hanya satu golongan yang mengikuti apa yang dibawa Rosulullah saw. Seluruh golongan yang lain akan masuk neraka (walau pun tidak selama-lamanya). Satu-satunya golongan yang selamat akan dikenal sebagai “Al-Firqah An-Najihah” dan juga diberinama “Al-Jamaa’ah” dan “Ahlussunnah wal Jamaa’ah” atau Al-Ghuroba (Orang-orang ‘asing’). Agar menjadi golongan yang selamat, maka umat Islam harus mempelajari dan memahami istilah-istilah tersebut dan kepada siapa istilah tersebut ditujukan. Hal ini adalah persoalan penting dan utama (aulawiyyat) bagi kaum muslimin dewasa ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: